17 Nov 2013

Tersembunyinya Curug Cidadap Banyumas






Sudah lama kita tidak mencari curug, dan bosen nih, sabtu minggu (19 oktober 2013) masa nganggur dkosan melulu, nah dari situ temanku mencari info curug di banyumas lagi, sikat semua yang ada di banyumas. nah dapet dari info dan bertanya bapaknya ada curug di kecamatan karanglewas tepatnya di desa sunyalangu. mencari di google sih belum ada fotnya, cuma ada info di situs desa sunyalangu, dan perda dari Banyumas.

Berangkat deh awal oktober ini langsung ke desa sunyalangu, berbekal ke arah karanglewas dan bertanya warga sekitar, akhirnya sampai juga di Desa Sunyalangu, yaudah di situ bertanya ke kantor desanya, ternyata tidak tahu, tetapi kita ditunjuk ke tempat yang apa gtu namanya, tentang lembaga pariwisatanya, ditunjuk ke pak khaerudin, dan berbincang-bincang dah disitu dengan bapaknya. sambil mengobrol kita ditunjukan arahnya ke arah curug tersebut, curug itu memang tahun 2011 rencana dibuat objek wisata, tetapi dari pemerintahan pusat Banyumas,belum ada respon lagi.

Letaknya sendiri cukup jauh dari pusat desa, ternyata desa sunyalangu itu luas sekali loh, kata bapaknya juga kita di suruh ke dusun Semaya, jaraknya aja lebih dari 5 km dan harus melewati desa baseh juga. pantas saja tidak semua di desa ini tahu keberadaan curug Cidadap. di desa ini juga pernah diadakan motor cross berjarak 20 km, dengan jalan muta, ada gtu lah jalan kecil, hehe. setelah selesai bertanya akhirnya kita pamit dan melanjutkan ke dusun Semaya.

Lanjut tuh perjalanan dengan motor. melewati jembatan kali logawa, jadi jembatan ini memang dahulu kata temen tidak ada, dan harus melewati jalan memutar, akhirnya mau tidak mau harus dibuat, masa mau ke kantor desa harus muter nanti. kemudian jalan disini hancur sekali, ada jalan masih batu padahal sebelumnuya jalan aspal, tapi kita tetap lah melanjutkan perjalanan.

 
Sampai juga di dusun semaya, dusun kecil ini berada di paling atas dari desa sunyalangu, kata pak khaerudin juga sampai rumah terujung parkir motor saja numpang di dekat rumah warga, yasudah kita ikuti perintahnya, ketika sudah sampai dan bertanya ke ibu yang dekat rumah tersebut, jalan tersebut menuju curug Gomblang. LAH ?? kita disitu bingung dah. kok, curug Gomblang desa Baseh Kedungbanteng. yasudah kitabalik lagi mencari tempat duduk buat mikir, kalau curug Gomblang sih kita sudah pernah.

Sambil duduk kita sambil buka GPS, bermodal hape biasa aja, :D ternyata benar kalau dari situ bisa tembus ke curug Gomblang. Penjelasan pak khaerudin sih tadi benar disurh ke dusun semaya, lah tapi kenapa ke curug Gomblang, yaudah dari pada mumet kita Sholat dulu deh di Mesjid karena sudah memasuki waktu Dzuhur.

Nah setelah Solat kita bertanya ke warga yang selesai solat, dan dijelasin tuh memakai bahasa jawa, pokonya jaraknya tebi mas(maksudnya jauh gitu deh). lewat sunyalangu juga bisa ternyata. tapi di setelah batur agung ternyata ada belok kanan dan kita disuruh lewat situ aja nanti, bisa ko. yaudah kita lanjut solat dlu, tar bisa nanya lagi.

setelah solat ternyata bapaknya masih ada, kata teman juga bapaknya mau nganterin kalo di jadiin kerja buat dia, ya maksudnya ada upahnya lah, dari pada gitu kita nanya aja dah, lagian sudah sampe sini, ya udah deket lah, dan di unjukin lagi tar ada terowongan dan kita parkir disitu. bapak itu juga menceritakan kalau ada curug kembar di atas, terus curug cidadap juga di dekat curug gomblang gitu deh, terus kali logawa juga itu gabungan dari cidadap logawa, dan cidadap gomblang gtu dah penjelasan agak ribet, dan curug kembar itu jauh, katanya orang tertentu aja yang kesana, wow, banget, dulu juga ada TNI mau kesana ga nyampe, karena ada kendala di jalan.

yaudah kita lanjut jalan menuju yang diperintahkan bapaknya, eh ternyata nyampe di pertigaan ternyata itu jalan ke curug gomblang, bingung tuh kita, mau nanya orang udah males, pengennya sih pulang aja, tapi udah nyampe sini, masalahnya jalan ke curug gomblang itu rusak dan susah buat motor, yaudah w bilang ke 2 orang temen w suruh lanjut aja, sapa tau di hutan deket gomblang ada jalan ke curug cidadap

sampai di sawahnya kita berhenti ga yakin mau kesana dan akhirnya ada petani lewat langsung deh kita nanya, eh dikasih tau ternyata curug cidadap tuh ada dibalik curug gomblang, pokonya cari pertigaan sungai dekat curug gomblang, nah lalu susurin sungai tersebut nanti ketemu. akhirnya disitu kita senang, perjuangan kita tidak sia-sia. ga pake pikir panjang langsung dah jalan, meski jalanannya rusak.

kalau mau liat parkir dimana lihat saja yang curug gomblang kan aa tempat parkirnya tuh, dari situ kita iseng jalan kekiri dan ternyata pemandangan bagus, liat aja foto diatas lumayan, dan dari situ bisa tembus ke bukit cendana sepertinya.



foto diatas adalah jalan menuju curug gomblang kebetulan kan lewat curug gomblang ya di foto dikit dulu lah, hehe. dari situ kita emang melihat ada pertigaan sungai, baru tau disitu ada jalan, yaudah langsung kesana, dilihat ternyata banyak batu. yaudah kita lompatin batu2 meski kadang terpeleset dan jatuh, tapi pemandangannya keren.


Perjalanan lumayan jauh ya ada lah setengah jam dari curug gomblang, lumayan badan cape, karena harus lompay batu, bagi yang sendalnya licin pasti sering terpeleset, trus hati-hati keseleo, sampai foto diatas sudah agak dekat dan sudah terlihat curug cidadap tersebut kalau kalian lihat foto di bawah


Bagus kan curugnya dilihat dari agak jauh, tapi masih banyak nih fotonya lihat saja



Yang jelas eksis terus kalau buat di foto


oh ya disini kita bertemu dengan pria yang kita ga sempoat kenalan, tetapi dia sedang mencari ikan dengan perangkat, kalu mau lihat fotonya ada di foto paling atas yang berbaju orange. kita juga sempat menyapa masnya dan juga bertanya tentang Curug Kembar, yang katanya ada di tengah bukit curug cidadap dan curug gomblang, wah tujuan bagus tuh, tapi buat warga sini aja bisa 2 jam perjalanan, lah kalau kita berapa jam tuh, jangan2 dekat dengan gunung Slamet ya. yaudah lah ntah kita bisa kesana atau tidak.
Di curug ini ternyata juga sepertinya sebagai tempta petilasan bagi warga sekitar, ya tempat semedi gitu, masalahnya di belakang curugnya seperti dibuat tempat duduk dari bambu buat orang bersemedi gitu

mau nyebur tapi yang lain pada ga mau, terus sudah sore juga jadi akhirnya pulang deh, sampai jumpa di Curug berikutny ya :))
foto dibawah pas jalan pulang keparkiran iseng lompat dulu di depan curug gomblang







5 comments:

  1. keren mas.. sebenernya potensial untuk dikembangkan sebagai wanawisata atau pembangkit listrik tenaga mikro hydro...
    curug kembarnya juga perlu dieskpedisikan tuh mungkin bareng sama tim perum perhutani banyumas timur..

    ReplyDelete
  2. ya mas, sebenarnya curug gomblang juga bisa dijadikan wanawisata dan pembangkit listrik juga

    sudah pernah mencari curug kembar mas, satu bulan yang lalu, dipandu warga sekitar, tetapi tidak ditemukan, karena kondisi jalan yang sudah tertutup dan sewaktu itu turun hujan

    ReplyDelete
  3. TRIMAKASIH BANYAK mas tanto.........
    saya sangat berterimakasih atas kunjungan mas tanto dan rekan" semua, telah mau mengungkap curug yang berpotensi wisata ini ke sosial media. harapan saya bisa menjadikan curug tersebut sebagai salah satu wisata di desa sunyalangu.
    sebenarnya cukup banyak potensi alam di desa sunyalangu yang berpotensi wisata, namun belum ada yang mau memikirkan untuk mengangkat dan mengenalkan ke masyarakat luas.
    sekali lagi trimakasih banyak mas.
    dan mohon ijin untuk mengkopi artikel ini, untuk saya publikasikan di blog saya.
    trimakasih banyak sekali blagi mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih juga sudah mengunjungi Blog saya,
      iya mas Banyumas sebenarnya banyak wisata curug yang belum ke ekspos, sayang sekali, ga seperti di daerah Bogor yang rata2 curugnya sudah banyak yang terekspos, saya juga bersukur bisa tinggal d Banyumas
      silahkan saja di publish kembali mas

      Delete
  4. suasananya masih asribanget.. pengen nyobain ke sana

    ReplyDelete