15 Nov 2013

Pemimpin yang ingin diharapkan ada


"Kenalin gue dari Bekasi, pada tau dong Bekasi dimana, ya disini, saya maju disini atas paksaan teman2 yang disana, bukan atas kemauan saya sendiri pastinya, ya langsung saja, pengalaman berorganisasi ya? ga ada sih, terakhir jadi ketua kelas juga pernah pas SMP kayanya, itu juga lupa, apa jadi akil, apa ga jadi apa2 ya, di rumah juga saya pernah setahun juga dahulu menjadi bendahara perkumpulan remaja. prestasi ga ada, ikut osis, ga pernah, ya beginilah, kalo percaya boleh di pilih, tapi jangan nyesel ya, hehe"


Itu perkataan gue saat ditunkjuk untuk mengisi jabatan ketua angkatan, maupun bendahara, dan sekretaris di dalam jurusan gue. maklum gue angkatan baru di sebuah universitas ternama di pulau Jawa.
singkat cerita syukur banget saya hanya menjadi wakit ketua, haha, ada ya jabatan wakil di sebuah keluarga ini(kaka senior bilang kita keluarga). yaudah lah gue ambil jabatan itu, karena kayanya tugasnya ga berat2 banget. dari situ juga kan secara teman2 gue langsung kenal nama gue, hehe.

Berminggu2 telah dilalui menjadi seorang wakil, tetapi ga ada tugas yang berarti, semua dilakukan oleh ketua angkatan, kalo ada pertemuan, dan lain2 semua ketua angkatan, bukan gue.
Itu karena gue ga terlalu dekat dengan ketua angkatan itu, gue malah deket ama cecunguk anak asli kota ini, yang kerjaannya cuma nongkrong di kamar w sambil nunggu kuliah. Jadi anak kupu2(kuliah-pulang) dah gue semester awal ini. Dari sini juga gue tau pekerjaan dari ketua angkatan. Dia bertugas menghubungi dosen kalau tidak ada, dan mencarikan waktu pengganti, dan mengkordinir kelas kalau ada sesuatu, pokonya all about kuliah angkatan kita. Dah kaya Kacung(pesuruh) Kelas.

Waktu terus berganti sampai akhirnya setahun di lalui oleh angkatan kita.
" Dan mulai saat ini w ga kuliah lagi di sini, aku dapet kuliah di universitas ini" ketua angkatan sambil menunjukan brosur tempat kuliahnya sekarang
" mulai sekarang kamu ngurusin kelas ya, meski aku juga selama ini belum berkontribusi banyak dalam kelas ini, tapi ini lah takdirku" sambung dia
Gue hanya membalas " iya, semoga bisa bertemu kembali" bingung mau senang apa sedih waktu itu
Pada akhirnya gue lah yang bertugas disini, saya yang menyusun semua agenda yang ada di kehidupan perkuliahan ini. Dari sini juga gue juga mulai kenal yang namanya organisasi, tapi gue ga bahas organisasi disini.

Minggu terus berganti, ternyata jadwal kuliah sekarang lebih ribet dibandingkan setahun yang lalu, mulai tuh saya menyusun kuliah tambahan yang kalau pada hari kita kuliah beliau tidak dapat menghadirinya. RIBET!! kenapa sih tuh dosen kalau udah ga masuk meski ditambah kuliah tambahan, belum lagi dosen yang minta pindah hari!! Ruangan penuh, diapakai, dan akhirnya KULIAH SORE, WHAT!!! Buat lu semua jangan seneng kalau lu ga ada kuliah karena dosen ga masuk, RUGI ILMU COY!! sebenarnya itu bukan alasan pertama, RUGI WAKTU!! karena dosen minta kuliah tambahan. ga banget kan kalau waktu liburan kita buat kuliah tambahan.
Belum lagi  kalau Praktikum yang bentrok ama jadwal kuliah,, arrgghhh banget dah, gue sampai bikin memo di tembok buat nyusun jadwal, orang lain bikin memo buat jadwal kuliah, tugas, lah gue buat mikirin angkatan gue sendiri,, kampr*t banget ga tuh. Belum lagi kalau ada teman yang minta ganti hari karena dia ga bisa pada hari kuliah tambahan ataupun praktikum itu.

" Pemberitahuan Buat teman2 besok ada kuliah tambahan jam 4 di ruang B200, JARKOM"
nah itu contoh sms dari gue kalau ada kuliah tambahan apa ga kalau ada acara dari hima. Lu tau ga artinya jarkom, ya jaringan komunikasi mungkin, gue sih ga tau kepanjangannya, pokonya maknanya tuh buat nyebarin sms itu ke teman yang lain..

"Dan, ko gue ga tau ada kuliah kemaren, kan gue jadinya ga kuliah" kata teman gue sambil sedih gtu
" Lah kan gue udah jarkom" kata gue
" pokonya lu parah, kenapa ga langsung sms gue" kata dia lagi sambil pergi
Waduh udah males dah gue kalo kejadiannya kaya gitu, emang padaaa, argggh.. Kemana TEMEN lo? kemana Teman GUA yang laen yang pada punya HANDPHONE!! lu kira pulsa w unlimited harus sms satu persatu anak2, emang lu kira gue ga peduli lu semua, kenapa lu semua pada kagak jarkom!!
Kalo ada yang bilang gitu w juga mikir sob, salah gue apa, gue ga bertanggung jawab, gara2 gue dia ga kuliah. tapi GUE DOANG GTU YANG MIKIR KAYA GTU, YANG LAEN TANPA RASA BERDOSA kalau ga ngejarkom sms gue.. Apalagi kalau ada pertemuan tuh anak2 males ngasih tau temennya, SMS GUE TUH HANYA DIBACA MATA KIRI KELUAR DARI MATA KANAN, kayanya sih gtu, MUNGKIN LANGSUNG DI DELETE JUGA!!! GUE SMS JUGA JARANG ADA YANG BALES JUGA
gue sih ga butuh terima kasih dari lu semua, itu semua kewajiban gue sebagai ketua angkatan, tapi oke lah dibales "ok dan, tar w jarkom". toh dari situ gue kenal dosen, dikenal juga oleh beberapa, kenal angkatan senior meski ga banyak, kenal adik angkatan juga, yah ambil sisi positifnya aja buat gue.

Di tengah gue menjalani aktivitas tadi, gue pengin angkatan ini lebih erat. Kakak senior kita selalu mengingatkan kalau kita ini keluarga. gue mikir ga dibilang keluarga kalau kita ga pernah ngumpul bareng, bercanda tawa bareng, maen bareng, makan bareng.
Oke dalam hal ini gue ga bekerja sendirian, gue bersama teman2 yang laen sering mengadakan event bareng, dari teman gue yang dulu pernah mengajak kita untuk mengetahui "siapa sih kita di mata teman2 kita". Sering juga mengajak teman2 buka puasa bareng, halal bihalal setelah Lebaran, ngadain tahun barua  di rumah teman kita, makan2 bareng dari hasil masakan kita, jalan2 bareng.
Acara dari Hima juga banyak yang sering menyatukan kita, dari adanya perlombaan antar angkatan, perlombaan antar jurusan. Ya pada akhirnya semua dibantu oleh temen2 yang PEDULI ama KELUARGA ini, gue berterimakasih banget dah ama beberapa dari mereka yang bisa membantu menyelesaikan semua acara ini.

Kenapa w bilang beberapa yang peduli? emang itu kenyataannya. tapi dari beberapa ini kita bisa semakin lebih kuat. gue juga lebih baik ga semua yang mengurus keluarga ini, asalkan mereka peduli, dengan mereka bisa hadir acara2 yang kita bua gue udah seneng banget.
TAPI ada orang yang cuma berpura2 peduli dengan angkatan ini. mereka hanya MEMBERI MASUKAN, OPINI biar keluarga ini baik, tapi NO ACTION, semua omongannya juga kebanyakan gue udah paham tanpa dia harus ngasih tau. ujungnya apa? gue ama mereka yang PEDULI
ada juga yang udah gue beri kesempatan buat bikin sesuatau tapi ACTION nya ancur, meski pada akhirnya kita bisa kumpul dan tertawa bareng, tapi plis deh, lu tuh banyak yang anak organisasi masa ngurus keluarga kecil ini aja ga bisa.
ada lagi yang kalau kita ada acara penting kaya lomba i sms, di telpon SUSAH banget, malah kadang ada yang nge-REJECT. katanya mereka peduli, tapi kalau gini nih, argghhh banget dah. kalau ada acara juga w yang harus ngejarkom, meski kadang beberapa mereka yang peduli membantu gue menjarkom. tapi PLIS lah kalau gue tanya ya DIBALES gitu
"Besok Kita ngadain buka bareng puasa nih, jarkom, trus konfirm ke gue (dani) ikut apa ga nyakalau lu ikut buat pesen tempat"
 "tanggal 14 desember kita maen nih ke tempat ini, jarkom, trus konfirm ke gue (dani) kalau lu ikut apa ga buat nyari transportasi"
Bayangin dari 60 orang yang disms yang bales cuma 20-30, KEMANA YANG LAIN?? pas udah acara yang dateng ampe 50. bayangin bro ya tempat makan yang gue pesen mana muat.
Terus misal pergi2, ada 45 orang yang pengin ikut, pas hari H tiba2 jadi 30 doang, trus baru konfirim kmaren2 lagi, yah transportasi yang kita pesen jadi mubazir.
Kalo yang gue urusin sih udah biasa kaya gtu, udah maklum, makanya kalo kita pergi2 ga berani langsung nembak mesen transportasi. acara kita berlibur juga udah pernah gagal ya gara kasus ini. GA JELAS, semuanya ga gue doang ya, kalian juga...

YA tapi dari ini semua gue berterima kasih kepada angkatan ini yang memberikan arti kekeluargaan disini, karena keluarga gue disini ya kalian, gue anak perantauan, makanya kalianlah yang gue miliki disini. Semua permasalahan yang ada juga udah bikin gue makin dewasa, bikin gue banyak belajar meski hanya sebuah angkatan kecil ini.


unek2 terakhir dari gue buat angkatan gue..
Mungkin disini Ga ada yang namanya struktur organisasi, yang ada kita sama.
Ga ada yang namanya study tour yang ada jalan2.
Ga ada yang namanya rapat yang ada ngobrol bareng.
Ga ada yang namanya aturan yang ada saling peduli.
Ga ada yang namanya susunan acara yang ada jadwal senang2.
Ga ada yang namanya musyawarah kerja yang ada makan bareng.
Ga ada yang namanya juklak juknis yang ada kemauan bersama
Ga ada yang namanya debat yang ada saling menasehati.
Ga ada yang namanya jenuh yang ada memberi canda

0 komentar:

Post a Comment