18 Nov 2013

11 Curug Indah di Banyumas (updated)



   Kabupaten Banyumas adalah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Purwokerto. Luas wilayah Kabupaten Banyumas sekitar 1.327,60 km2 atau setara dengan 132.759,56 ha, dengan keadaan wilayah antara daratan dan pegunungan dengan struktur pegunungan terdiri dari sebagian lembah Sungai Serayu untuk tanah pertanian, sebagian dataran tinggi untuk pemukiman dan pekarangan, dan sebagian pegunungan untuk perkebunan dan hutan tropis terletak di lereng Gunung Slamet sebelah selatan.


       Banyumas yang terletak di lereng Gunung Slamet, yang notabennya merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah, dan Tertinggi ke dua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Karena berbatasan dengan gunung Slamet membuat kabupaten ini mempunyai objek yang indah berupa Air Terjun atau Yang akrab kita katakan sebagai Curug.
        Curug bukanlah satu-satu objek wisata di wilayah Banyumas, tetapi kali ini kita akan membahas curug yang berada di karesidenan Banyumas, yang kebanyakan berada di Lereng Gunung tertimnggi di Jawa Tengah ini. Selain itu, sayangnya beberapa objek wisata ini tidak terlalu terekspos ke masyarakat sekitar, bahkan warga Banyumas mungkin tidak tahu ternyata di Kotanya ini ada banyak sekali curug yang potensial. Oke, mari kita bahas satu2 11 Curug yang indah di Kabupaten Banyumas

1. Curug BAYAN
Pertama kita ke curug bayan yang aksesnya mudah, tidak perlu lelah-lelah untuk datang ke daerah ini. Terletak di Desa Ketenger, Baturaden, Banyumas. curug ini juga sudah dikelola dengan baik, tetapi hanya sekedar ada tempat parkir dan tiket masuk desa wisata ketenger. Curug ini tidak terlalu besar tetapi sangat favorit bagi para pelajar untuk tempat nongkrong maupun pacaran.
selengkapnya...

2. Curug CEHENG


Curug Ceheng terletak di Desa Gandatapa Kecamatan Sumbang, Banyumas. Curug ini sudah Di kelola dan sudah di jadikan objek wisata. Akses jalan menuju curug ini pun tidak susah. Mungkin warga Banyumas sudah tidak asing lagi dengan curug Ceheng ini. Tempatnya sejuk, alami dan segar bagi yang mau main air bisa di telaga jatuhan curug ini, tetapi bagi yang tidak bisa berenang jangan dekat-dekat dengan curug, nanti bisa tenggelam. Butuh perjuangan untuk ke curug ini karena harus menuruni anak tangga yang ada sekitar 100 lebih.
selengkapnya...

3. Curug SONG

Mungkin banyak yang tidak tahu keberadaan curug ini, kita saja dapat info dari internet. Terletak di Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen, Banyumas. curug ini juga terkenal karena ada gua song di samping curug tersebut. akses kesana juga tidak sulit, mungkin harus banyak bertanya. letak desanya sendiri ada di sekitar Belakang bendung Gerak Serayu. Curug ini belum dikelola, tetapi ada parkir motor di rumah warga, dan sayangnya banyak pengunjung kesini yang tidak menjaga kebersihan, dan di dekat curug tercium bau kotoran, karena di gua Song tersebut terdapat sarang burung walet berdasar info warga sekitar.

4. Curug GEMAWANG

  
Curug yang keempat adalah Curug Gemawang. Terletak di desa Kemawi, Somagede, Banyumas. Perjuangan untuk menju tempat ini adalah kendaraan kita harus fit, karena harus menanjak. curug ini sedang berusaha dikelola oleh warga sekitar, dilihat dari mulai adanya pembangunan jalan. mungkin kalau sudah jadi akan lebih mudah diakses. Sebelumnya ketika sampai desa dan menuju curug ini, jalan masih ditumpuk oleh batu.

5. Curug CELILING

  
Curug Celiling juga terletak di Ketenger, Baturaden, Banyumas. letaknya tidak jaud dari curug Bayan. di Desa Ketenger sebenarnya ada banyak curug, tetapi yang baru ke ekspos hanya sedikit, untuk curug tempuah saja banyak warga yang tidak tahu, karena akses yang melelahkan kesana, dan haru melewati curug Gede dahulu dan menelusuri sungai berbatu. Yang asik dari curug ini kita bisa berendam di bawahnya.

 6. Curug GEDE

Curug Gede berada di desa ketenger,  Baturaden, Banyumas. kita cukup memarkir motor di curug Bayan, dan kemudian tanya warga sekitar jalan menuju curug ini, karena jalan setapak ke arah curug ini sudah mulai tertutupi oleh rumput an perlu insting dalam menemukan jalan itu. Melelahkan untuk mencapainya karena harus menuruni jalan setapak yang menurun.

7. Curug TELU
  
Terletak di Desa Karangsalam, Baturaden, Banyumas. curug ini masih alami sekali, terbukti dari banyak wrga sekitar yang tidak mengetahui, dan lingkungannya yang masih alami, bersih, dan sejuk sekali. Akses ke daerah ini lumayan susah, ari susahnya mencari tempat parkir unruk kendaraan kita, dan jalannya masih berumput, dan melewati sawah, dan juga menyelusuri sungai.

8. Curug CIDADAP
  
Curug Cidadap terletak Di Desa Sunyalangu, Kecamat Karanglewas, Banyumas. Banyak yang tidak mengetahui curug Cidadap ini sebarnya ada dibalik bukit Curug Gomblang, meski berbeda desa dan kecamatan, tetapi keduanya saling bersebelahan. Untuk perjalanan memang aksesnya tidak mudah, dan bisa juga lewat dusun semaya desa sunyalangu, tetapi lebih mudah lewat arah curug gomblang. Melelahkan untuk ke Curug ini karena kita harus menelusuri Sungai dan lompat batu, masih berjalan sekitar setngah jam dari curug Gomblang, tetapi Keindahannya membuat rasa lelah kita hilang, SANGAT NATURAL

9. Curug GOMBLANG
Curug Yang satu membuat saya jatuh cinta karena pemandangannya yang luar bisa, liar, alami, dan cantik. Terletak di Desa kalisalak, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas. Curug ini dahulu kata teman sempat dikelola, tetapi sepertinya berhenti di tengah jalan, padahal sangat potensial. ketika sudah memasuki desa, dan masuk ke hutan pinusnya, jalan mulai rusak, karena berbatu. meskipu lelah tetapi sangat terbayarkan dengan keindahannya,.


10.  Curug PENGANTEN

Curug Penganten, awalnya ga terpikir bisa kesana. Terletak di dukuh kalipagu, Desa Ketenger, kecamatan baturaden, banyumas. Curug ini yang membutuhkan pengorbanan paling ekstra, karena perjalanan bisa ditempuh selama 2 jam dari tempat parkir, arahnya hampir sama kalau ke pancuran tujuh lewat kalipagu, tetapi lebih jauh, dan kalau kalian tidak bertanya lebih dalam ke penduduk, kalian bisa nyasar sampai Gunung Slamet, widiw ngeri. Menelusuri Hutan lebih tepat untuk ke Curug Penganten ini. Curug yang tidak terlupakan, dan Pastinya tidak akan Menyesal, dan ingin kembali kesini, Curug ini yang sangat disukai selain Curug Gomblang.
kalau dari kalian ada yang mau ke curug ini sebaiknya dengan orang yang sudah tahu, karena jalannya yang masih hutan di atas sana dan sudah ada yang pernah kesasar.. Jangan Sampai Lupa Jalan Pulang loh,, hehe, dan harus selalu eling karo yang kuasa.. SALAM PETUALANG
selengkapnya...

11. Curug CIPENDOK
Merupakan Curug Tertinggi dan Terbesar yang ada di Banyumas, mungkin di Jawa Tengah juga. mempunyai ketinggian 90 meter. Curug yang terletak di Desa Karangtengah, Cilongok, Banyumas ini sudah dikelola oleh pemerintah karena memang potensial sekali sebagai objek wisata. Jatuhnya air ini dari atas, membuat bawah curug seperti hujan terus-menerus. Rasa lelah karena menaiki dan menuruni tangga pun terbayar, dan di tempat ini kalau kalian lapar ataupun haus, sudah tersedia kios di daerah objek wisata Curug Cipendok ini
selengkapnya...


updated
12. Curug Belot

image by: http://gesitwidagdofajarputra.blogspot.com

Sebenarnya curug Belot udah terkenal dari lama, tak jarang muda-mudi ketika pulang sekolah maen dahulu ke curug tersebut. Terletak di Desa Rempoah, Baturraden, Banyumas. di Belakang BRI masuk ke gang kata teman. Saya sendiri belum pernah kesana


13. Curug Lawang dan Sendang Bidadari


Curug lawang dan Sendang Bidadari ini lagi populer sekali di daerah Banyumas ini, bersamaan dengan Curug Telu yang masih satu kawasan wisata. Curug ini sudah dikelola juga oleh penduduk sekitar. Pemandangannya Bagus di curug lawang ini berasa di dalam gua  yang ada curugnya, masih asri dan airnya membuat sejuk.

14. Curug Klapa


Curug Klapa ini Terletak di desa Banjarpanepen Sumpiuh, Banyumas. Curug ini terletak agak jauh dari kota karena letaknya di kecamatan Sumpiuh, mungkin banyak juga yang tidak tahu letak curug itu. Jalan menuju desa tersebut sudah bagu tetapi akses menuju curug melewati jalan berbatu dan menggunakan motor.


15. Curug (Grojogan Ratu)

Grojogan adalah bahasa jawa yang berarti air yang jatuh dari atas ke bawah, ya seperti itulah kira-kira, dalam arti lain juga bisa berarti curug. Grojogan ratu terletak di Baturaden, Banyumas, letaknya berada di belakang hotel Quen garden, Letaknya yang persis di pinggir jalan membuat akses kesini sangat mudah, meski jalan yang dilalui tidak besar

16. Curug Nangga

Curug Nangga desa Petahunan, Pekuncen Banyumas sebulan terakhir ini sedang menjadi trending topic bagi warga Banyumas dan sekitarnya. Dengan melihat foto curug ini saja kita bisa tahu keindahan bagi curug ini, jelas warga sekitaran Banyumas ingin melihat langsung kesana. Saat ini sedang dilakukan pembangun secara bertahap supaya akses ke curug Nangga ini semakin mudah.

17. Curug Carang


 Curug Carang berada di Daerah Baturaden, Banyumas. Curug Carang ini merupakan salah satu curug Terindah yang pernah saya datangin di wilayah Banyumas, alirannya yang deras dan besar serta pemandangannya yang menyejukan membut curug ini menjadi destinasi yang indah untuk melepas penat. Saya kesana beserta teman yang tahu karena daerahnya yang belum terekspos dan cerita dari teman saya curug ini mempunyai medan yang sulit untuk dilewati. ada jalan yang sangat curam seperti kita menurunin bukit, sampai2 teman saya yang sebelumnya pernah kesini sulit untuk turun.

18. Curug Jumeneng


        Curug Jumeneng ini terletak di Baturaden Banyumas, Curug ini tidak jauh dari Curug Telu yang terkenal di wilayah baturaden, tapi banyak yang tidak mengetahui keberadaan curug ini. Curug ini banyak yang menyebut sebagai Curug Abang, tetapi sebenarnya curug ini benama Curug Jumeneng atau Curug Juneng. Sebenarnya disekitar Curug ini terdapat beberapa curug yang lain seperti curug abang dan curug Kembar, tetapi aksesnya cukup susah untuk dilewati karena tertutup tanaman liar.
Selengkapnya


Dan ingat Jangan meninggalkan sesuatu kecuali jejak, jangan mengambil sesuatu kecuali gambar dan Jangan membunuh sesuatu kecuali waktu
Tetap jaga kelestariannya ya kawan2

Tetap jaga kelestarian dan keindahan alam (jangan melakukan aksi corat-coret alam/vandalisme), jaga kebesrsihan lingkungan (jangan nyampah dilokasi curug, sampah dibawa pulang dan dibuang jika menemukan tempat sampah!!!) jangan merusak habitat alam, jangan menebang pohon. Ingat! kita disana hanya meninggalkan jajal tapak kaki dan helaan nafas.. Berfikirlah dampak negatifnya jika hendak melakukan tindakan buruk (buang sampah, corat-coret, merusak habitat alam, dsb), berfikir bagaimana jika kelak semua orang yang mengunjungi dilain kesempatan melakukan hal buruk yang serupa..??? Mulailah dari diri sendiri, dari yang kecil-kecil dan saat ini juga! (GESIT)
Terimakasih.

29 comments:

  1. Curug nya keren-keren semua..
    Btw, jalan2nya ke curug semua ya. Hehehe
    Yuk main ke tempat saya. Disini jg punya Madakaripura, Darungan, de el el.
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, asik buat refesing dan belom terjamah semua, pengennya sih naek gunung, tp blom kesampaian :D
      jauh sampai ke madakaripura nih,
      ini aja kita belum mencari ke purbalingga :D

      Delete
    2. Boleh donk ditemani kecurug yg disebutin tadi, masih banyak yang blm nieh. Tapi ga ada tandem'ny.

      Delete
  2. Itu juga masih juga banyak curug tersembunyi di kaki gunung Slamet banyumas salah satunya curug kembar diatas gomblang dan cidadap... di kecamatan pekuncen dsb...

    ReplyDelete
  3. Tinggal ke curug yang belum nih.. hehehe
    itu tuh yang pm..hehehe

    ReplyDelete
  4. Madakaripura bagus..tp petugas parkirnya nyambi nyuci motor mobil,, pdhl kita g minta..itu fasilitas apa gmn ya?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Madakaripura itu bukannya di probolinggo ya? saya aja belu pernah kesana, hee,, mungkin fasilitas, hee

      Delete
  5. wah ane baru pernah eksplore curug pengantin sama curug gede aja :D Ternyata masih banyak lagi ea? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro ada banyak,, ada lagi tambahan yang belum saya share yaitu curug carang, jumeneng,, ada juga yg belum saya kunjungi

      Delete
  6. Terimakasih atas infonya yang sangat lengkap dan dapat menjadi acuan, kemarin baru saja saya explore curug di Purwokerto tepatnya di wilayah sekitar Baturaden, ada curug keren lagi deket curug telu namanya Tebela

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah berkunjung ke BLOG ini,, ya curug tebela saya belum sempat kesana, hehe, nanti saya coba kesana.. trimakasih juga sudah meng explore purwokerto,, salam kenal juga mas

      Delete
  7. wah.. mantap dan terima kasih sekali gan atas referensinya, rencana awal mei saya juga pengen ekplore curug di purwokerto gan...di tunggu kunbalnya gan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal gan, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak, hehe.. ya banyumas dan purwokerto memiliki wisata yang keren2 pastinya, banyumas, purwokerto juga selalu ramah kepada pengunjung, hehe

      Delete
    2. Iya gan sebenernya saya juga betah tinggal di purwokerto... tapi problematika kehidupan mengharuskan saya harus di jakarta hahaha

      Delete
    3. Ya mampir2 lah sesekali ke purwokerto, hehe.. saya juga sepertinya sebentar lg akan meninggal kota ini.. T_T

      Delete
  8. mantapp mas makasih informasinya lanjut buat nyobain track.hihhiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya silahkan cobsin tracknya, hehe.. trims sudah berkunjung

      Delete
  9. mas danar tanto, curug yang di bekasi juga di posting doong..hehehe

    ReplyDelete
  10. Luarbiasa, coba cek ig saya @auliafuadr barang kali ada saran buat curug2 mana yang harus saya kunjungi. Banyumas emang juara Curug!

    ReplyDelete
    Replies
    1. trims sudah berkunjung,, saya sekarang sudah tidak tinggal bisa mencari curug seperti dulu lagi

      Delete
  11. Replies
    1. ya mantab2 memang, sayangnya saya sudah tidak bisa update,, sudah tidak tinggal di banyumas

      Delete
  12. wah keren Gan curug2nya. Itu kita bisa camping di sana nggak ya? Lagi cari lokasi camping deket air terjun soalnya hehe.

    Oh iya, silahkan mampir ke blog kita buat inspirasi jalan-jalan http://www.tamasyeah.com/

    ReplyDelete
  13. Ingin Relaksasi dengan suasana yang nyaman plus therapis cantik dan asik, pokoknya yang pelayanannya oke dan ada room karaokean nya juga cuma di The Presidents Executive SPA and Karaoke Purwokerto, highly recommended in a town!!! www.thepresidentspa.com

    ReplyDelete